ThinG iLLs NenG dONya kIe kuDu miKIr…. niNG oJo Kokean mikiR ……......... LaN…..miKiR Sing AKeH AKeH…


Kamis, 27 Desember 2007

UrbanisaSi

Ingat urbanisani ingat GUNUNGKIUL handayani. My country tempat lahir beta. lebih tepatnya terletak pada zone pegunungan panggung. Daerah utara wonosari, 30 km dari ibukot GK.

urbanisani lebidh dekat dengan GK, berapa banyak ajah penduduk yang diexport ke jkt. Menurut pemda setempat yang saya temui secara online lebih dari 25% penduduk Gk berad di JKT yang berumur produktif sekitar 20-35 th.




Pemantauan lain saya lakukan ketika mendatangi agen2 bus AKAP setiap harinya memberangkatkan 2-3 armada busnya. wach keren kota GKkuw. Jumlah PO yang beroprasi di Jogja sendiri antara lain, sekaligus dikalikan saja kita ambil estimasi pling sedikit satu armada berisi 25 orang

1. maju lancar :4-5 armada setiap hari = 125 orang
2. santoso :4-6 armada setiap hari = 150 orang
3. rosalia indah : 5-6 armada setiap hari = 150 orang
4. kramat djati : 2-3 armada setiap hari = 75 orang
5. handoyo :3-4 armada setiap hari = 100 orang
7. suber alam : 4-5 armada setiap hari = 125 orang
8. putra GK : 2 armada setiap hari = 50 orang
9. timbul jya : bise kari batange.. mbuh didol kayake

sehingga diperoleh total = 775 orang......wow lumayan banyak tuch masih bonus kernet ma sopir sekitar 800 orang jadinya. wach ternyata banyak banget orang Gk yang pegi ke jKT.

kemudian dari segi ekonomi setiap tiket berkisar 75 rebu jadi tinggal kali aja jumlah uang yang ada berkisar rp 58.125.000. wah gede juga pengeluaran yang dilakukanmsayarakat gK, ndak nyangka orang GK itu kaya kaya, padahal cuman adol gaplek, tiwul ma gatot.

tapi mau gimana lage itulah fenomena yang terjadi di GK, jangan dilihat dari pengeluarannya ajah tapi income yang didapat dari urbanisasi juga tidak sedikit. Setiap lebaran atau rasulan anyak penduduk yang mudik untuk mennegok kluarga pling tidak akan memberikan devisa tersendiri bage masyarakat yang berada dikampung halaman. pariwisata pling besar dan terlihat dampaknya.

bagaimanupun juga GK handayani. Jangan tergoda dengan JKT ndak ada seninya blasss JKT itu, gudang uang orang bilang tapi bage yang punya skill n koneksi ajah. Saya sebagai putra Gk ingin menyampaikan pesan dari bapak bupati.

"Gunung sewu kae ayo podo dipangan, watu watu kae ayo podo nggo pupuran"

potensi Di GK sangat luar biasa, SDA yang melimpah semua tergantung pada para pemuda kita.
mAu LebiEh...

posted by BanYu S3gor0 @ 02.32,


0 Comments: